AC mobil
terdiri dari beberapa komponen dan yang memegang peranan penting adalah sebagai berikut:
- Compressor
- Condensor
- Evapurator
- Drier/Silica
- Expansion
- Extrafan
- Fan
Belt
- Blower
- Magnet
Clutch
Mari kita
bahas satu persatu mulai dari fungsi dan mekanisme kerja dari masing-masing
komponen tersebut.
- COMPRESSOR
Gambar 1. Compressor
Compressor merupakan komponen dari AC mobil yang
dari segi harga merupakan yang termahal. Dalam mekanisme kerjanya compressor
adalah berfungsi untuk mengcompres freon sebelum dialirkan ke dalam condensor
melalui selang panas. Compresor pun terdiri dari beberapa type,ada yang
sanden,denso maupun rotari. Dari ketiga type tersebut yang lebih bagus dan
disukai di pasaran adalah denso, akan tetapi tidak juga semua mobil memakai
compressor denso, ada juga yang bawaan dari mobil seperti sanden maupun rotari
.
- CONDENSOR
Gambar 2. Condensor
Condensor terletak didepan radiator dan berfungsi
merubah panas menjadi dingin dengan cara membuang uap panas ke udara sekitar
mesin. Adapun condensor terdiri dari type R12 dan R134 . Dalam perkembangannya
diatas tahun 2005, kebanyakan condensor mobil sudah berikut tabung drier/silica
.
- EVAPURATOR
Gambar 3. Evaporator
Evapurator dalam bahasa orang awam ada yang
mnyebutnya sarang tawon karena kisi-kisinya yang mirip tempat lebah/tawon
bersarang, ada juga yang menyebutnya cooling coil. Dalam rangkaian komponen AC
mobil neh evapurator berfungsi sebagai pengubah freon menjadi beku es.
- DRIER/SILICA
Gambar 4. Dryer
Dewasa ini yang teknologi semakin canggih yang juga
dalam penerapan terhadap teknologi mobil saat ini sudah banyak drier yang
dibuat menyatu dengan condensor, sehingga hanya berbentuk silica saja. Adapun
fungsi dari dari Drier/Silica ini adalah untuk menyaring cairan dan kotoran.
- EXPANSION
Gambar 5. Expansion
Sering juga disebut spuyer dan dalam rangkaian komponen
AC mobill neh expansi berfungsi untuk mengubah freon yang dari cairan menjadi
embun dingin. Adapun expansion atau expansi terdiri dari dua type yaitu kapiler
dan kotak, terkecuali expansi mobil Volvo dan Opel Blazer memakai expansi yang
khusus. Dari type kapiler maupun kotak juga masih dibedakan antara R12 dan R134
dan juga disesuaikan bawaan mobil, kebanyakan expansi bisa dipakaikan lebih
dari satu jenis mobil, namun juga banyak jenis mobil yang harus memakai expansi
khusus.
- EXTRA FAN
Gambar 6. Extra Fan
Berfungsi sebagai pendingin condensor, sehingga jika
extrafan macet maka dingin AC mobil juga akan berpengaruh dan jika panas
berlebihan akan bisa menyebabkan compressor bermasalah. Extrafan ada dua yaitu
untuk mesin ataupun radiator dan untuk AC.
- FANBELT
Gambar 7. Fanbelt
Sering juga disebut tali kipas dan berfungsi untuk
memutarkan compressor, jika sudah aus maka bisa menimbulkan bunyi menderit di
mobil.
- BLOWER
Gambar 8. Blower
Terdiri dari kipas dan motor yang berfungsi untuk
mengipas es beku dari evapurator, sehingga akan terjadi hawa dingin yang kita
rasa dalam mobil.
- MAGNET
CLUTCH
Gambar 9. Magnet Clutch
Dalam rangkaian komponen AC mobil adalah termasuk
bagian elektrik yang berfungsi mengatur kerja otomatis kerja compressor. Magnet
Clutch itu terdiri dari beberapa bagian yang digabung menjadi satu yaitu pully,
magnet, center pish dan bearing. Jika sebuah magnet clutch rusak atau hilang
fungsi maka ccompressor tidak akan bekerja dan akan kehilangan daya compres dan
akibatnya AC mobil akan tidak berfungsi.
1 komentar:
saalam.
thanks sob, buat sembilan komponen ac mobil beserta penjelasannya...
salam sukses...
Posting Komentar