WELCOME AND GREETINGS HAPPY TOGETHER WRITER

Jumat, 12 Oktober 2012

BULLDOZER


BULLDOZER Adalah salah satu alat berat yang mempunyai roda rantai (track shoe), untuk pekerjaan serba guna yang memliki kemampuan traksi yang tinggi. Bisa digunakan untuk menggali, mendorong, menggusur, meratakan, menarik beban dan menimbun (Digging, cutting/filling, pushing, spreading, grading, skidding dll). Mampu beroperasi didaerah yang lunak sampai yang keras. Dengan swamp dozer untuk daerah yang sangat lunak dan didaerah yang sangat keras perlu dibantu dengan ripper 9alat garu) atau blasting  (Peledakan dengan tujuan pemecahan pada ukuran tertentu). Mampu beroperasi pada daerah yang miring (sudut kemiringan tertentu), berbukit apalagi di daerah yang rata. Untuk jarak dorong yang effisiensi antara 25 – 40 meter jangan lebih dari 100 meter, jarak mundur jangan terlalu jauh, bila perlu mendorong dilakukan dengan estafet, mendorong pada turunan lebih produktif dari pada tanjakan.

Attachment yang biasa menyertainya antara lain :
Bermacam-macam blade, towing, winch, ripper, tree pusher, herrow, disc plough, towed scraper, sheep foot roller, peralatan pipe layer dan lain-lain. 

Fungsi Bulldozer
Bulldozer merupakan sebuah traktor rantai (crawler tractor) yang berguna untuk pekerjaan menggali, mengusur, mendorong tanah atau material dan menarik log atau portable camp yang dapat dioperasikan di medan berbatu, berbukit, maupun tanah lumpur pada berbagai sektor pekerjaan seperti pertambangan (mining), konstruksi (construction), logging, hutan tanaman industri (forestry), dan perkebunan. Bulldozer mampu melakukan pemindahan tanah yang efektif sejauh 100 meter dengan cara estafet.

Susunan Produk Bulldozer
Secara garis besar, Bulldozer dibagi menjedi 4 (empat) tipe, yaitu :
1. Bulldozer
Gambar 2. Bulldozer

2. Swamp Buldozer
Gambar 3. Swamp Bulldozer

3. Dozer Shovels
Gambar 4. Dozer Shovels

4. Pipe Layer
Gambar 5. Pipelayer

Gambaran Umum Bulldozer
Gambar 6. Bagian-bagian Bulldozer
1. Blade                       6. Main Frame
2. Lift Silinder               7. Straight Frame
3. Carrier Roller           8. Truack Shoe
4. Ripper                     9. Cutting Edge
5. Sprocket                 10. End Bit

Perlengkapan Kerja
Terdapat beberapa perlengkapan kerja yang digunakan pada sebuah bulldozer, seperti blade, ripper, bucket, dan towing winch. Berikut diberikan beberapa contoh dari perlengkapan kerja tersebut.
Blade merupakan salah satu perlengkapan kerja (work equipment) yang tersedia pada sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk mendorong, meratakan, dan memotong material. Blade terletak dibagian depan sebuah Bulldozer berupa pelat baja yang dapat digerakkan secara hidrolik. Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe Blade.
1. Straight-tilt dozer

Gambar 7. Straight-tilt dozer
Blade ini dilengkapi dengan sebuah tilt cylinder, yang kemungkinan kemiringan blade dapat diatur dari kabin operator, sehingga produktifitas alat dapat meningkat. Konstruksinya yang kokoh sangat cocok digunakan untuk dioperasikan didaerah bebatuan.

2. Straight dozer
Gambar 8. Straight dozer
Blade ini sama dengan tipe Straight-tilt dozer tapi tidak dilengkapi dengan tilt cylinder.

3. Angel dozer

Gambar 9. Angel dozer
Dapat diserongkan sebesar 25o dan dapat ditinggikan secara manual. Angel dozer cocok digunakan untuk pekerjaan scraping tanah lunak atau salju sehingga material dapat terbuang kesamping.

4. Power angel-titl dozer
Gambar 10. Power angel-titl dozer
Pengaturan sudut kemiringan dan ketinggian blade pada satu sisi dapat diatur dari kabin operator dan blade ini efektif untuk pekerjaan grading, back filling, spreading, dan land clearing yang ringan.

5. Dual tilt dozer
Gambar 11. Dual tilt dozer
Blade ini memiliki dua buah tilt cylinder pada kedua sisinya. Optimum untuk pemotongan berbagai material dan pengaturan sudut pemotongan yang lebih baik sehingga meningkatkan produktifitas alat.

6. Semi U-tilt dozer
Gambar 12. Semi U-tilt dozer
Blade ini hampir sama dengan straight blade dengan menambah sayap pendek dikedua sisinya sebatas end bit, maka blade ini dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas beban.

7. U-tilt dozer
Gambar 13. U-tilt dozer
Sayap yang terdapat dikedua sisi blade ini dapat meminimalkan terbuangnya material kesamping. Blade ini snagat cocok untuk mendorong tanah yang ringan dengan jarak yang jauh, sehingga sangat sesuai untuk pekerjaan reklamasi tanah.


Taken From The Book & Module : Teknik Alat Berat Jilid II & Produck Knowledge (Basic Course 1)

1 komentar:

Bahan Ajar Otomotif SMK mengatakan...

Terimksih ats knjungannya, Mhon comen nya yg membngun.