CONTINOUS VARIOUS TRANSMISI.
transmisi dengan perbandingan gigi yang sangat bervariasi. orang lebih senang menyebutnya
transmisi otomatic.
KOMPONEN CVT
Gambar 1. Konstruksi CVT
KEUNTUNGAN
SISTEM CVT
- Memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis
- Perbandingan rasio gigi yang sangat tepat tanpa harus memindahan gigi
- Tidak akan terjadi hentakan saat perpindahan didi
- Perpindahan kecepatan yang sangat lembut
KERUGIAN CVT
- Untuk start pertama dibutuhkan putaran yang tinggi
- Pembukaan gas cenderung besar, karena dibutuhkan putaran tinggi untuk bisa berjalan dan berpidah rasio
- Penggunaan bensin lebih boros
- Karena lebih banyak bekerja pada putaran tinggi dimungkinkan mesin lebih cepat rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang lebih
- Pada saat jalan menurun, engine brake yang terjadi sangat kecil, sehingga cenderung mengerem dan rem akan terbakar
- Karena kecilnya engine breke ini akan menimbulkan motor sulit dikendalikan saat jalan menurun. untuk itu tidak disarankan menggunakan motor matic di kondisi jalan menanjak dan menurun bagi yang belum berpengalaman.
CARA
KERJA DARI CVT
Gambar 2. Cara Kerja CVT
SAAT PUTARAN LANGSAM
Saat putaran langsam kopling
sentrifugal pada pulley sekunder belum berhubungan, sehingga putaran dari
pulley primer belum dapat diteruskan ke roda belakang.
SAAT PUTARAN MULAI JALAN
SAAT PUTARAN MULAI JALAN
Saat mulai berjalan kompling
sentrifugal pada pulley sekunder mulai terhubung dan memutar roda belakang
SAAT PUTARAN MENENGAH
SAAT PUTARAN MENENGAH
saat putaran menengah besar pulley
sekunder dan primer relatif sama, sehingga membuat perbandingan gigi yang
sesuai
SAAT PUTARAN TINGGI
SAAT PUTARAN TINGGI
Saat putaran tinggi, pulley primer
membesar, karena putaran mesin meninggi, oleh karena pulley primer membesar
belt lebih banyak tertari ke depan, sehingga pulley sekunder mengecil.
perbandingan putaran akan berubah lagi.
SAAT RODA BEBAN BERAT / MENANJAK
SAAT RODA BEBAN BERAT / MENANJAK
Pada
saat menanjak, atau beban berat, roda belakang agak tertahan, oleh karena beban
sehingga pulley sekunder membesar dan pulley primer mengecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar